Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Sabtu, 18 November 2017


SIMPLE INTERACTION DESIGN MODEL


gambar 1.1

    Pada model rancangan interaksi sederhana ini input atau masukan hanya memiliki satu titik. yang mana masukan tersebut diidentifikasikan apakah sesuai dengan kebutuhan, lalu didesain sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Setelah didesain rancangan tersebut dibangun dan harus interaktif. Setelah itu barulah rancangan tersebut dievaluasi.
   Evaluasi dapat dilakukan dimana saja, rancangan yang telah di evakuasi dapat kambali didesain ulang atau apakah rancangan tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan user, maka alur tersebut akan terus berputar hingga pada tahap evaluasi tidak lagi terjadi kesalahan, baik dalam penetapan kebutuhan user maupun pendesainannya, sehingga pada tahap evaluasi terciptalah sebuah hasil akhir yang valid.


Terdapat dua sisi pengertian yang dapat digunakan terkait dengan desain interaksi :

 ü  Sebagai suatu proses untuk mencapai suatu tujuan dengan pencarian berbagai solusi melalui ruang lingkup sistem, materi, biaya dan kemungkinan penyelesaiannya (feasibilitas), sebagai wujud kreativitas dan pengambilan keputusan untuk menyeimbangkan trade-off
 ü  Sebagai representasi suatu perencanaan pengembangan yang berisikan sekumpulan elaborasi alternatif dan suksesif.
Empat kegiatan utama dalam desain interaksi :
·         Identifikasi kebutuhan dan persyaratan sistem
·         Pengembangan desain alternatif (desain konseptual dan fisikal)
·         Membuat versi interaktif dari desain yang dihasilkan
·         Mengevaluasi desain (usabilitas dan user experience)

Tiga karakter utama dari keempat kegiatan diatas yang perlu diperhatikan :
 ü  Terfokus pada users dan evaluasi artifak
 ü  Identifikasi, dokumentasi dan kesepakatan terhadap usability yang telah ada dan tujuan dari user experience
 ü  Adanya perulangan dalam desain karena perlunya bereksplorasi terlebih dahulu terhadap desain yang ada terkait dengan user
Ada teknik yang dapat digunakan untuk memilih dari sekian banyak solusi yang ada, diantaranya :
·         Mengavaluasi desain bersama user
·         Feasibilitas teknik
·         threshold, tujuan usabilitas yang penilaiannya menggunakan kriteria usabilitas

src : 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Izawaina Camp - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -